Mengenai Saya

Foto Saya
Lahir di Kota Cilacap dan pernah bersekolah di STM Dr.Soetomo Th1981 Cilacap, pernah bekerja di PT.Darmali corp (produksi obat anti nyamuk) Tanggerang Th1982 s/d Th1992 sebagai Ka.Produksi, di PT.Sinar plataco unit Tangerang (produksi Oabat anti nyamuk Baygon) sebagai Kasi Produksi Th 1989 s/d Th 1992, di PT.Sumatera candi kencana (perkebunan kelapa hybrida 5000Ha) Palembang Th1994 s/d Th1998 sebagai Ka.Produksi & Internal audit, di PT.Varia indah surya maju (produksi tepung batok 4 mesin) Serang Th1998 s/d Th2002 sebagai Ka.Pabrik dan Th2002 di Taka Prima Workshop. Kontak 0813 269 88878 - 0818 030 88878 - 0888 24 88878

pengalamanku

Sabtu, 19 Maret 2011

Mesin pembuat tepung tapioka

         Tepung tapioka ada juga yang menyebutnaya dengan Aci dibanyumas disebut juga Kanji dll. bentuknya halus, lembut berwarna putih. tapis mungkin ada diantara kita yang kurang mengerti dari bahan apa sih dan bagaimana cara membuatnya......?
Nah sepengetahuan saya yang pernah ikut cara memproses pembuatan tepung tapioka adalah sebagai berikut.


         Pertama singkong dari kebun sesampai di pabrik tapioka dibuang ujung dan pangkalnya agar bagian yang keras tidak ikut terkena parut yang dapat mengakibatkan parut menjadi rusak.


          Setelah itu ada singkong yang dikupas tetapi adajuga yang langsung masuk bak pencucian supaya bersih dari tanah. singkong yang dikupas dan tidak dikupas akan berpengaruh pada hasil olahan itu sendiri. singkong yang dikupas akan menghasilkan tepung tapioka yang lebih putih.


         Singkong yang sudah melewati proses pencucian masuk melalui tangga ejek gantung ke mesin parut untuk dijadikan bubur singkong sebelum disaring dan diambil saripatinya.



           Hasil singkong parutan selanjutnya dipompakan ke mesin ejek penyaring dengan dikucuri air secukupnya agar saripati singkong terpisah dari ampas organik, saripati singkong hasil saringan dialirkan dengan air menuju bak pengendapan sampai air diatasnya jernih baru air dibuang hingga tapioka basah terlihat seperti lumpur berwarna putih.


         Setelah airnya kering tapioka basah dipindahkan ke lokasi penjemuran, tetapi untuk pabrik moderen dan memiliki modal besar pengeringan tapioka tidak dengan cara dijemur melainkan menggunakan oven. bila mengandalkan panas matahari yang cukup tapioka akan kering sekitar 4 sampai 5 jam.


         Air bercampur saripati dan ampas singkong saling terpisah setelah melewati saringan ejek, dan ini adalah sisa buang (limbah) dari hasil pembuatan tepung tapoka yang lazim disebut onggok basah, kalau dibiarkan selama 24 jam akan bereaksi dan berbau tidak sedap. dahulu limbah ini tidak dimanfaatkan karena banyak orang yang belum tau kegunaanya, sekarang bahkan banyah yang mengantri untuk mendapatkan nya diantaranya untuk pakan sapi dalam kondisi yang masih basah dan segar 

2 komentar:

  1. Terima kasih infonya, sangat membantu sekali.

    BalasHapus
  2. Terimakasih informasinya, sangat bermnafaat dan berguna bagi pemula seperti saya...insyaalloh saya akan menghubungi Bapak untuk tahu lebih jauh tentang mesin tepung ini. sekali lagi. terimakasih : win

    BalasHapus